Penjelasan Dampak Download Manager dengan Download Accelerator

Submitted by dhnlr on Wed, 16/11/2016 - 16.03

Akses internet sudah menjadi kebutuhan primer beberapa waktu kebelakang. Dengan internet, aktivitas yang dulu tidak pernah dilakukan sekarang sudah menjadi hal umum dilakukan, salah satunya adalah aktivitas unduh (download). Tak jarang mendapati orang-orang sedang memanfaatkan internet instansi untuk mengunduh baik film, audio, gambar, aplikasi, maupun permainan komputer. Maraknya aktivitas tersebut membuat aplikasi manajemen unduhan (biasa dikenal download manager).

Apa itu Download Manager?

Download manager (manajemen unduhan) merupakan aplikasi komputer yang bertugas untuk mengunduh berkas (file) dari penyimpanan internet. Kelebihan aplikasi ini dibandingkan manajemen unduhan yang telah disediakan peramban web (web browser) adalah dukungan protokol (contohnya http) yang lebih luas dan terintegrasi dengan aplikasi lain seperti pembaru (updater), pemasang (installer), atau pun antivirus. Kelebihan lainnya yang ditawarkan adalah fitur akselerasi unduhan (download accelerator). Fitur inilah yang akan dibahas lebih lanjut.

Apa itu Download Accelerator dan Mengapa Ini Tidak Baik?

Download accelerator (akselerasi unduhan) merupakan istilah yang menggambarkan kinerja manajemen unduhan untuk mengunduh berkas dengan membagi dalam beberapa segmen dan menggunakan beberapa koneksi secara simultan untuk mengunduh segmen-segmen tersebut dalam satu server.

Download Accelerator

 

Sayangnya, beberapa situs web memiliki kemampuan untuk membatasi kecepatan unduhan dengan cara membatasi lebar pita (bandwith) tiap koneksinya. Mengetahui hal tersebut manajemen unduhan menghindari dengan membuka beberapa koneksi dan masing-masing dari koneksi ini hanya mengunduh segmen kecil dari sebuah berkas (file).
Masalah tidak selesai sampai di sini, setiap koneksi unduhan tersebut membutuhkan biaya. Semakin kecil segmen unduhan maka semakin besar pula biaya yang harus dibayarkan. Hasil dari hal ini ialah koneksi akan lebih lambat, tidak cepat seperti yang dijanjikan. Parahnya lagi, server web hanya akan melayani sejumlah permintaan pada waktu yang sama. Jika permintaan melampaui batas (kuota), maka koneksi lainnya akan mendapatkan antrian. Lebih buruk dari antrian adalah koneksi akan terputus dan proses unduhan akan gagal. Salah satu staf UI, Fajran, mengamini hal ini dalam blognya yang membahas bahwa penggunaan manajemen unduhan pada situs kambing dapat menyebabkan koneksi unduhan terputus.

Simpulan

Penggunaan manajemen unduhan (download manager) dengan fitur akselerasi unduhan (download acceleration) sangat tidak dibutuhkan karena mampu memperlambat diri Anda dan orang lain.

Tags
Tekno

Add new comment