Pengenalan SSH: Protokol Akses Remote

Submitted by dhnlr on Sun, 27/11/2016 - 18.40

Bagi Anda yang terbiasa berurusan dengan hal yang berbau server pasti tidak asing lagi dengan SSH, namun bagaimana dengan yang tidak? Artikel kali ini akan memperkenalkan SSH sebagai protokol akses remote.

Apa itu SSH?

SSH (Secure Shell) adalah protokol jaringan kriptografi yang memungkinkan salah satu komputer terhubung dengan komputer lainnya secara aman menggunakan antar muka baris perintah (Command Line Interface/CLI).

Kategori SSH

Pemanfaatan SSH memerlukan dua hal yaitu SSH server dan SSH Client. SSH Server adalah SSH yang bertindak sebagai target dan berperan dalam melayani klien. SSH Server ini perlu dipasang (install) pada server, salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah openSSH. SSH Client adalah SSH yang menginisiasi koneksi ke komputer target yang telah terpasang SSH Server. Adapun aplikasi yang dapat digunakan diantaranya openSSH (GNU/Linux dan MacOS) dan PuTTY (Windows).

Bagaimana SSH berjalan?

SSH berjalan di atas protokol TCP, sementara SSH Server dapat mendengarkan pada port TCP, umumnya SSH berjalan pada port 22. Seuai dengan namanya, Secure Shell, keamaan menjadi bagian integral pada SHH. Hal ini ditunjukkan dengan seluruh trafik SSH terenkripsi secara bawaan.

Kesalahpahaman mengenai SSH

Penggunaan SSH acapkali disalah artikan sebagai protokol untuk mengakses internet secara gratis, cepat, dan lain-lain, seperti yang pernah dilakukan oleh pelayanan pengguna provider komunikasi terbesar di Indonesia. Pemanfaatan yang telah disebutkan di atas sebenarnya tidak murni sebagai SSH saja, melainkan disebut dengan SSH Tunneling, lalu apa itu SSH Tunneling? Sederhananya, SSH Tunneling adalah pengiriman data melalui koneksi lain yang telah ada, dalam hal ini koneksi SSH.

Tags
Tekno

Add new comment