Mengenal Apa Itu SIM Virtual

Submitted by dhnlr on Fri, 05/05/2017 - 07.00

Xiaomi meluncurkan salah satu layanan internetnya, yaitu Mi Roaming, di Indonesia pada tanggal 24 April 2017. Mi Roaming sendiri merupakan kartu SIM Virtual yang diluncurkan pertama kali di China pada tahun 2015. Layanan yang telah digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna ini mendukung 50 negara dan wilayah diantaranya Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Macau, Taiwan, Hongkong, Korea, Jepang, dan 42 negara Eropa. Lalu, yang menjadi pertanyaan saat ini adalah: "Apa itu SIM virtual dan apa yang dilakukan oleh SIM virtual?". Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita simak artikel berikut.

Kartu SIM sendiri tak ubah layaknya kartu memori pada ponsel Anda, namun memori ini telah berisi data. Data ini akan mengkostumisasi perangkat ponsel Anda tanpa Anda perlu pergi ke mana-mana dan mendapatkan ponsel Anda telah terprogram.

Dewasa ini, beberapa pengguna berlangganan lebih dari satu kartu SIM. Perangkat seperti ponsel, tablet, modem, dan perangkat terkonseksi lain telah mendukung penggunaan dual atau triple-kartu SIM sekaligus. Hal ini dimanfaatkan oleh penguna untuk beberapa tujuan seperti melakukan panggilan telepon dengan nomor berbeda atau pun berburu paket kuota data internet murah.

Hal ini tidak menjadi masalah sampai Anda berpergian keluar negeri. Anda mungkin tetap akan menggunakan kartu SIM lama Anda untuk mempertahankan nomor telepon Anda guna melakukan panggilan telepon saat berkunjung keluar negeri. Lalu bagaimana jika Anda membutuhkan koneksi internet untuk tetap membarui diri dengan informasi di sosial media?

Anda tentunya tidak mau menggunakan paket data di kartu SIM Anda mengingat paket langganan domestik cukup mahal saat sedang di luar negeri. Salah satu langkah yang dapat Anda lakukan adalah membeli kartu SIM lokal untuk terhubung dengan internet. Penggunaan kartu SIM lokal juga bukan hal yang mudah. Anda perlu mengetahui syarat dan ketentuan dari paket langganan tersebut yang tentu saja ditulis dalam bahasa lokal. Bahkan tak jarang beberapa dari Anda terjebak dengan syarat dan ketentuan paket internet yang ditulis dalam bahasa Indonesia, bukan?

Kelemahan lainnya dari penggunaan kartu SIM lokal adalah tidak semua konter dapat ditemui dimana-mana layaknya Indonesia. Anda mungkin akan mudah menemui konter-konter di negara Rusia dan Cina, namun untuk negara Yunani, Anda mungkin perlu menaiki bukit terlebih dahulu untuk menuju ke konter. Negara Amerika yang cukup besar sekalipun pada negara bagian San Diogo-pun masih sulit menemukan konter-konter penjual kartu SIM.

Itulah alasan mengapa kartu SIM virtual diciptakan. Kartu SIM virtual bekerja dengan menyedikana ruang khusus yang terlindungi pada memori internal atau perangkat layaknya apa yang dilakukan oleh kartu SIM biasa. Ruang ini akan disi oleh data yang diunduh melalui saluran radio yang aman, layaknya Anda mengunduh film dan musik favorit Anda.

Lalu mengapa SIM virtual dinamakan kartu SIM virtual? SIM virtual tetap menggunakan kartu, namun bebereda dengan kartu SIM konvensional, kartu SIM virtual tidak berisi data apa pun. Bahkan beberapa dari kertu ini dapat ditulis ulang.

Tags
Tekno

Add new comment