Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net .com untuk Blogging

Submitted by dhnlr on Mon, 12/12/2016 - 14.44

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak ketiga di dunia. Indonesia memiliki penduduk sebanyak 260 juta jiwa. Indonesia juga merupakan salah satu negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia. Pada tahun 2016, pengguna internet di Indonesia mencapai angka 88 juta pengguna.

Sebagai salah satu negara dengan pengakses internet terbesar, akses internet lebih sering digunakan untuk membuka sosial media seperti facebook, twitter, instagram, dan lain-lain. Statista mencatat bahwa sebesar 34% dari total penduduk di Indonesia merupakan pengguna aktif sosial media. Angka ini menunjukkan bahwa hampir seluruh pengguna internet di Indonesia merupakan pengguna aktif sosial media.

Sosial media memang memungkinkan seseorang untuk berbagi pikiran dan opini dengan orang lain, namun sangat jarang didapati pengguna sosial media melakukan hal tersebut. Kebanyakan dari mereka hanya menghabiskan waktu untuk sekedar melihat aktivitas orang lain sambil membagi jempol dan hati atau menekan tombol Share dan RT. Padahal, masih banyak aktivitas daring (online) lain yang dapat dilakukan dan tentunya dapat memberikan manfaat. Salah satu aktivitas yang dapat dilakukan tersebut yaitu ngeblog atau blogging.

Ngeblog atau blogging merupakan aktivitas menulis baik diari, opini, cerita, puisi, tutorial, dll kedalam sebuah situs blog. Sayangnya, aktivitas ngeblog tersebut masih kalah populer dibandingkan dengan aktivitas bersosial media. Jumlah blogger di Indonesia tercatat hanya berkisar 3,5% dari seluruh pengguna internet di Indonesia (Antaranews).

Infografis Penggunaan Internet di Indonesia

Angka tersebut sangat disayangkan mengingat banyak sekali manfaat yang dapat diraih. Andai saja semua orang tau betapa asyiknya ngeblog.

Betapa Asyiknya Ngeblog

Ada banyak sekali alasan untuk memulai ngoblog, mulai dari mendapat penghasilan, membagikan cerita, menyalurkan hobi, hingga mendapatkan teman. Alasan tersebut sekiranya sudah cukup untuk menjadikan blogging sebagai aktivitas yang mengasyikkan, tetapi ada beberapa alasan lain mengapa bagi saya ngeblog merupakan aktivitas yang mengasyikkan atau mungkin dapat juga Anda jadikan alasan

1. Canvas tempat corat-coret
Melihat keindahan tentu akan memanjakan mata yang melihatnya. Keindahan tersebut dapat berupa apapun. Salah satunya yang menarik bagi saya adalah desain web. Bagaimana pengaturan margin, besar jarak antar tulisan, serta perpaduan warna menjadi hal yang menarik.

Melihat hal tersebut, saya terpacu untuk mempelajari beberapa hal dasar mengenai desain web. Selayaknya seorang seniman yang membutuhkan canvas sebagai media lukisan pertamanya, saya juga memerlukan canvas selama proses pembelajaran. Blog inilah yang saya gunakan sebagai media corat-corat walaupun masih sebatas taruh dan tempel saja.

2. Pencegah lupa
Seseorang pasti akan mempelajari beberapa hal baru terlebih jika seseorang tersebut memilki cukup banyak waktu luang. Sayangnya, banyak sekali hal baru tersebut yang tidak dilakukan secara berkala sehingga acapkali hal tersebut menguap ke luar kepala.

Untuk mencegah hal tersebut, saya membuat catatan pribadi terkait langkah-langkah dari pembelajaran yang saya lakukan dan secara kebetulan juga dapat dibaca oleh orang lain juga.

3. Menjadi produktif
Pada waktu liburan, khususnya long-weekend seperti tentunya banyak sekali waktu luang yang sia-sia jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Bagi saya, menghabiskan waktu dengan membuat tulisan pada blog merupakan aktivitas produktif. Dengan membuat artikel atau tulisan pada blog, saya mampu menghasilkan "karya" yang dapat bermanfaat bagi orang lain, setidaknya bagi saya sendiri.

Proses blogging itu mudah dan tidak mengeluarkan biaya. Anda hanya perlu mengeluarkan satu hal saja yaitu waktu, namun jika Anda ingin menekuni dunia blogging lebih dari sekedar tulis-menulis saja, Anda memerlukan sebuah brand atau identitas untuk blog Anda. Hal yang paling sederhana untuk digunakan adalah nama domain.

Memilih ekstensi domain blog Anda

Ada banyak sekali ekstensi domain yang dapat Anda gunakan untuk nama domain, namun ektensi domain yang dapat saya sarankan untuk nama domain Anda adalah dotcom dan dotnet. Anda pasti bertanya-tanya mengapa hanya kedua domain tersebut. Untuk mengurangi pertanyaan pada pikiran Anda, simak ulasan berikut ini

1. Lebih familiar dan mudah diingat
Jika ada pertanyaan seperti ini, "Ada banyak sekali ekstensi domain TLD, apakah Anda dapat menyebutkannya?", apa yang akan Anda jawab? Sebagian orang akan menjawab pertanyaan tersebut dengan .com dan .net atau bahkan hanya .com.

Ekstensi domain .com dan .net merupakan ekstensi yang paling diingat oleh kebanyakan orang. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya website yang menggunakan kedua ekstensi tersebut. Verisign mencatat bahwa pengguna kedua ekstensi domain tersebut pada kuarter kedua tahun 2016 mencapai 143,2 juta pengguna maka tak pelak banyak orang menganggap hanya ada dua ekstensi domain saja yaitu .com dan .net. Hal tersebut tidak hanya berlaku di Indonesia, bahkan pada beberapa forum luar negeri juga menyatakan bahwa kedua ekstensi domain tersebut lebih familiar dimata pengunjung.

2. Meningkatkan profesionalisme dan kredibilitas
Sudah bukan hal yang asing lagi jika seseorang mencari informasi melalui media daring (online). Informasi tersebut dapat didapat dari berbagai macam sumber mulai dari situs berita hingga sosial media, namun sumber informasi mana yang paling dipercaya? Situs technorati mengungkapkap bahwa blog merupakan sumber informasi terpecaya kelima dalam mencari informasi daring (online) di atas sosial media.

Hal tersebut tentu tidak terlepas dari penggunaan ekstensi domain pada sebuah blog. Penggunaan ekstensi domain .com atau .net mampu meningkatkan profesionalisme dan kredibilitas sebuah blog. Bahkan, beberapa orang akan menghindari mencari informasi yang berasal dari blog yang masih menggunakan subdomain gratis dari penyedia blog.

3. Memotivasi untuk terus ngeblog
Penyedia layanan blogging umumnya akan memberikan domain berupa subdomain gratis kepada penggunanya, namun terkadang hal ini membuat sesorang menjadi malas untuk terus menambah tulisan di blognya, setidaknya bagi saya sendiri.

Dengan menggunakan sebuah ekstensi domain baik .com maupun .net, Anda akan terpacu untuk terus menambah tulisan. Mengapa demikian? Penggunaan kedua ekstensi domain tersebut bersifat langganan sehingga Anda perlu merogoh kocek untuk menggunakan domain tersebut per tahunnya. Tentunya Anda tidak mau uang yang telah Anda kumpulkan melalui kerja keras terbuang sia-sia, kan?

Berbicara mengenai harga, Anda tidak perlu khawatir dengan langsung menutup artikel ini. Anda dapat berlangganan ekstensi domain .com atau .net dengan harga terjangkau. Selain itu, penggunaan kedua ekstensi tersebut sangat mudah mulai dari metode pembayaran yang hanya memerlukan rupiah dan transfer bank saja serta pengaturan menguhubungkan ke blog milik Anda.

Memilih nama domain yang tepat

Selain menggunakan ekstensi domain yang baik, Anda juga memerlukan sebuah nama domain untuk blog Anda. Lalu, bagaimana nama domain yang baik bagi blog milik Anda? Berikut beberapa poin penting yang harus diperhatikan untuk nama domain

1. Pastikan domain tersebut mewakili brand/identitas Anda
Tidak ada batasan dalam memilih nama domain untuk Anda. Anda dapat saja menggunakan nama domain asdfghjkl.com, namun apakah hal tersebut mewakili diri Anda sendiri? Penggunaan nama domain yang tepat dapat meningkatkan brand milik Anda. Sangat disarankan menggunakan nama domain yang mewakili diri Anda baik menggunakan nama sendiri atau pun panggilan akrab.
2. Pastikan domain ringkas dan jelas
Penggunaan ekstensi domain .com atau .net memang memudahkan seseorang untuk mengingat alamat suatu blog, namun sayangnya penggunaan nama domain yang panjang justru sangat menyulitkan. Anda mungkin ingin meningkatkan brand diri Anda dengan menggunakan nama panjang Anda sebagai nama domain, akan tetapi apakah orang akan mengingat seluruh huruf dan ejaan nama Anda? Tentu hal ini akan menjadi sangat sulit terlebih nama Anda cukup panjang dan blog Anda belum terindeks oleh mesin pencari sehingga sangat disarankan untuk menggunakan nama domain ringkas dan jelas agar meningkatkan pengunjung datang kembali ke blog Anda.
3. Miliki domain terkait tema blog Anda
Ada banyak sekali blog jika Anda mencarinya menggunakan mesin pencari seperti Google. Tentunya menjadi hal yang sulit untuk menemukan blog Anda diantara banyak blog lainnya, namun Anda dapat memudahkan calon pembaca setia blog Anda dengan memberikan nama domain terkait tema blog Anda. Semisal Anda ingin membuat blog mengenai tekno, Anda dapat menggunakan nama domain berupa dhnlrtekno.com.

Infografis Memilih domain yang tepat untuk blog

Simpulan

Ada banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan di internet, namun tidak semua aktivitas mampu memeberikan manfaat. Salah satu aktivitas yang mampu memberikan manfaat adalah ngeblog atau blogging. Disamping mengasyikkan, ngeblog juga memiliki manfaat mulai dari mendapat penghasilan, membagikan cerita, menyalurkan hobi, hingga mendapatkan teman. Dalam ngeblog, Anda perlu memerhatikan nama domain dan ekstensi domain blog agar Anda dapat memaksimalkan manfaat suatu blog.  #DotComForBlogging

Tags
Lomba

Comments

Submitted by Jiah (not verified) on Wed, 14/12/2016 - 06.53

Domain singkat, setuju bgt. Jd mudah diingat

Submitted by dhnlr on Tue, 20/12/2016 - 09.01

Setuju banget!

Submitted by radit (not verified) on Wed, 28/12/2016 - 14.52

Banyak yang saya dapatkan ketika migrasi ke domain DotCom

Nice Artikel :)

Submitted by dhnlr on Wed, 28/12/2016 - 22.05

Woh terima kasih.

Add new comment