Tutorial Pemasangan (Install) Drush

Submitted by dhnlr on Tue, 29/11/2016 - 07.33

Sebagai manusia, kita membutuhkan sesuatu yang efisien tanpa perlu mengorbankan banyak waktu. Salah satunya dalam mengola website berbasis drupal. Untuk melakukan tersebut, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan Drush. Drush sendiri telah banyak digunakan oleh pengembang Drupal bahkan hampir setiap artikel mengenai drupal akan membahas pula mengenai Drush. Lalu bagaimana cara menginstall Drush? Artikel ini akan menjelaskan mengenai tata cara atau panduan dalam melakukan pemasangan (install) Drush. Sebelum memulai, ada baiknya kita mengenal aplikasi yang akan dipasang terlebih dahulu.

Apa itu Drush?

Drush merupakan perkakas berbasis antar muka perintah baris (command line interface/CLI) yang ditujukan untuk pengguna Drupal. Perkakas ini memberikan kegunaan bagi pengguna drupal untuk mengelola situsnya melalui SSH. Kegunaan-kegunaan yang dapat dilakukan oleh drush meliputi pembersihan cache, memasang dan mengelola ekstensi seperti modul dan tema, membuat backup dan melakukan restore, hingga memasang (install) Drupal itu sendiri. Informasi lebih lanjut dapat diketahui dari situs Drush.

Apa yang diperlukan?

Adapun syarat dalam melakukan pemasangan adalah SSH (bagi Anda yang belum mengetahui SSH, Anda dapat membaca Pengenalan SSH: Protokol Akses Remote). Jadi, pastikan bahwa peladen (server) Anda telah mendukung dan mengaktifkan SSH.

Artikel ini akan menggunakan baris perintah berbasis Linux, pastikan Anda telah cukup terbiasa dengan beberapa baris perintah. Anda dapat membaca Pengenalan Perintah (Command) Terminal pada Linux terlebih dahulu.

Tutorial Install Drush

Mendapatkan Berkas Drush
Setelah Anda masuk ke dalam akun SSH, pastikan Anda berada pada direktori home terlebih dahulu. Dari direktori home Anda, gunakan perintah wget untuk mengunduh versi terbaru dari Drush. Kami menyarankan untuk mendapatkannya dari master Github Drush agar versi yang Anda pasang adalah versi terbaru. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan perintah berikut

wget https://github.com/drush-ops/drush/archive/master.zip
Sekarang Anda mendapat berkas .zip dari versi Drush terbaru pada direktori home Anda.

Memasang Berkas Drush
Ekstrak berkas Drush menggunakan perintah berikut

unzip -q master.zip
Hasil ekstraksi akan mendapatkan berkas pada direktori ~/drush-master. Untuk lebih memudahkan, ubah nama direktori tersebut menjadi 'drush' menggunakan perintah berikut
mv ./drush-master ./drush
Selanjutnya, buat alias pada .bashrc agar meringkas penggunaan perintah. Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan baris berikut pada berkas .bashrc di direktori home Anda.
alias drush='~/drush/drush'
Penambahan baris tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi pengedit teks yang tersedia seperti Notepad, nano, atau vim, namun jika Anda tidak pernah mengubah berkas .bashrc sebelumnya, Anda dapat menggunakan perintah berikut
echo "alias drush='~/drush/drush'" >> .bashrc

Memasang Composer
PHP Composer adalah perangkat yang digunakan untuk mengelola dependency pada PHP. Bagian ini akan menunjukkan bagaimana mendapatkan Composer lalu menggunakan composer untuk memasang drush.

Masuk ke direktori drush yang telah dibuat dengan perintah cd

cd drush
Gunakan perintah curl untuk mendapat berkas composer, kemudian menyambungkannya ke PHP untuk dieksekusi. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan perintah berikut
curl -sS https://getcomposer.org/installer | php
Selanjutnya, jalankan composer untuk melakukan pemasangan drush dengan perintah berikut
php composer.phar install
Anda akan melihat beberapa dependency untuk memasang Drush dan composer akan memasang dependency tersebut untuk Anda.

Pembersihan
Beberapa hal penting telah selesai, kini Anda perlu membereskan pekerjaan Anda dan memastikan bahwa Drush bekerja dengan baik.

Kembali ke direktori home dengan menggunakan perintah

cd ~
Selanjutnya muat ulang pengaturan bash agar Anda dapat menggunakan perintah alias yang telah ditambahkan sebelumnya. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan perintah
source .bashrc
Sekarang, pastikan drush telah bekerja dengan menggunakan perintah
drush status
Jika Anda dapat melihat versi Drush dan beberapa direktori pengaturan, ini menunjukkan bahwa drush telah berjalan pada peladen (server) Anda.

Sekarang Anda telah memiliki Drush pada peladen Anda. Penulis menggunakan panduan ini dalam melakukan pemasangan Drush pada shared hosting, namun penulis tidak dapat memastikan bahwa panduan ini dapat bekerja untuk VPS atau dedicated hosting. Tinggalkan komentar untuk memberitahu apakah panduan pemasangan Drush ini juga bekerja untuk Anda.

Tags
Drupal

Add new comment