Glosarium Sebutan/Istilah pada Drupal

Submitted by dhnlr on Sat, 26/11/2016 - 13.25

Setalah sebelumnya Mengenal Drupal sebagai Content Management, artikel kali ini akan membahas mengenai daftar istilah yang umum digunakan pada Drupal 8. Artikel ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pemahaman dalam mempelajari Drupal tanpa harus bertanya-tanya maksud dan arti dari istilah tersebut.

Artikel ini menggunakan istilah dalam bahasa Inggris karena terjemahan Drupal 8 ke dalam bahasa Indonesia masih sangat minim.

Ajax
Teknologi web yang memungkinkan pertukaran data dengan peladen (server) untuk memperbarui suatu bagian halaman web tanpa perlu memua seluruh halaman.

Block
Bagian dari konten (teks, gambar, tautan, dll) yang ditampilkan pada Region di dalam sebuah website. Contoh dari block ialah postingan terbaru, postingan populer, komentar terakhir, arsip, dan masih banyak lagi.

Content
Informasi yang ditampilkan dalam website; berupa teks, gambar, tautan, dan lain-lain.

Content Type
Entitas dari suatu konten. Penggunaan jenis konten (Content Type) yang berbeda memungkinkan penggunaan kolom yang berbeda pula. Contohnya jenis konten "Dosen" akan berisi kolom nama dosen, Nomor Induk Dosen, mata kuliah yang diampu, riwayat pendidikan, dll, sedangkan pada jenis konten "Pendidikan" berisi kolom nama mata kuliah, pengajar, kordinator, dan lain-lain.

Cron
Perintah penjadwal yang memungkinkan suatu aplikasi  mengeksekusi perintah atau skrip tertentu secara berkala. Contoh dari pemanfaatan cron ialah mengecek update module tiap 6 jam sekali atau membersihkan cache setiap 1 hari.

Distribution
Pemaketan yang ditujukan untuk memanfaatkan Drupal dalam suatu website tertentu. Suatu distribusi berisi Drupal Core, tema, dan modul lain, yang dapat mempersingkat pembuatan website. Contoh hal ini adalah penggunaan Drupal untuk membuat situs pariwisata dapat menggunakan distribusi X karena telah tersedia modul yang berberan dalam reservasi hotel, sedangkan membuat situs portofolio menggunakan distribusi Y karena berisi tema yang menonjolkan gambar dan memiliki modul yang mampu menampilkan project secara urut.

Drupal Core
Berkas, tema, dan modul yang tersedia secara standar. Berkas-berkas tersebut umumnya terdapat pada folder Core.

Entity
Tempat penyimpanan data konten (content, custom block, dan taxonomy term)  dan pengaturan (jenis konten). Data tersebut dapat berupa konten, komentar, profil pengguna, dan borang kontak.

Field
Data dari jenis tertentu yang terhubung dengan entitas. Contoh dari kolom ialah nama dosen, mata kuliah, gambar, body, dan lain-lain.

Menu
Kumpulan dari beberapa tautan (link). Secara bawaan, menu pada Drupal memiliki 4 jenis yaitu main menu, management, navigation, dan user menu.

Module
Perangkat lunak tambahan yang meningkatkan fitur dan fungsi dari sebuah website. Modul terbagi menjadi dua yaitu core (modul bawaan dari Drupal) dan contributed (modul yang tersedia pada laman download pada Drupal.org).

Path
Bagian terakhir dari URL suatu laman pada situs web, contohnya sebuah halaman "Kontak" dapat diakses melalui https://example.com/kontak, maka pada kasus ini, path dari halaman kontak adalah /kontak.

Region
Area pada suatu halaman dimana konten dapat diletakkan, misalnya header, footer, sidebar kiri, sidebar kanan, dan lain-lain. Suatu region dapat didefinisikan oleh tema dan memungkinkan untuk meletakkan Block.

Taxonomy
Klasifikasi dari sebuah konten, misalnya tags, kategori, dll.

Theme
Perangkat yang memiliki berkas aset (JS, CSS, Twig, dan gambar) yang memberikan gaya dan tata letak yang berbeda pada sebuah website. Seperti halnya Module, tema juga terbagi menjadi dua, yaitu core dan contributed.

User
Orang yang berinteraksi dengan website, seperti admin, pengunjung (anonymous), dll.

Views
Salah satu module core yang memungkinkan user untuk mengambil entitas tertentu untuk ditampilkan berupa table, list atau grid sebagai halaman, block, atau format lainnya. Contoh penggunaan Views adalah daftar kontent, daftar pengguna, dan lain-lain.

Tags
Drupal

Add new comment